Perancangan Sistem Media Pembelajaran Balita (Game Akez) dengan Metode Linear Congruential Generator (LCG)
Abstract
Membangkitkan minat belajar anak bukanlah hal yang gampang dilakukan oleh orang tua maupun guru di sekolah. Dunia anak adalah dunia nya bermain. Dengan aplikasi ini, anak diharapkan dapat bermain sambil belajar. Penerapan Pseudo Random Number Generator dengan metode Linier Congrientials Generator (LCG) pada aplikasi game AKEZ adalah metode yang tepat dan juga sederhana dalam penerapannya. Game AKEZ ini adalah game pengenalan huruf untuk anak pra-sekolah atau anak di bawah umur 5 tahun. Selain sebagai pengenalan huruf, game ini juga dapat dijadikan media pengenalan salah satu hardware computer yaitu keyboard. Perancangan game ini dimulai dari pengacakan angka-angka yang kemudian angka-angka tersebut dikonversi menjadi huruf-huruf yang acak. Setelah itu huruf akan muncul satu per satu yang kemudian harus di jawab oleh si anak, jika jawaban benar maka sistem akan memberikan nilai, tetapi jika jawaban salah maka jawaban tidak menghasilkan nilai. Perangkat lunak ini dapat dijadikan sebagai sarana hiburan sambil belajar anak yang cukup menarik untuk di sosialisasikan terhadap anak.