Analisa Pencarian Jarak Terpendek Lokasi Wisata di Provinsi Sumatera Utara Menggunakan Algoritma Ant Colony Optimization (ACO)

  • Juanda Hakim Lubis Prorgram Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Medan Area
Keywords: Pencarian jalur terpendek, Heuristik, Ant colony optimization (ACO)

Abstract

Penggunaan jalur terpendek pada suatu perjalanan merupakan hal yang penting, tidak hanya dalam dunia pengiriman barang tetapi juga untuk pencarian suatu lokasi. Salah satunya adalah pencarian lokasi wisata di Propinsi Sumatera Utara . Propinsi Sumatera Utara yang memiliki banyak lokasi wisata, tentunya banyak menarik minat wisatawan untuk berkunjung. Wisatawan tentunya menginginkan rute terpendek yang dapat ditempuh dan informasi jalur padat agar dapat mempersingkat waktu perjalanan.

Secara umum, pencarian jalur terpendek dapat dibagi menjadi dua metode yaitu metode konvensional dan heuristik. Metode heuristik terdiri dari beberapa macam algoritma yang biasa digunakan, salah satunya adalah algoritma Ant colony optimization (ACO).Algoritma Ant colony optimization (ACO) cukup efektif dalam penentuan jalur terpendek, karena hasil perhitungan yang didapatkan cukup akurat berdasarkan perhitungan matematis. Selain jumlah kota, nilai parameter juga cukup mempengaruhi hasil dari perhitungan.

Hasil yang dapat diperoleh dari analisa ini adalah memberikan rute terpendek lokasi-lokasi wisata di Sumatera Utara dan informasi jalur padat menggunakan algoritma Ant colony optimization (ACO).

Published
2017-08-03