Penerapan Algoritma Backtracking Dalam Game Pencaria Kata Menggunakan Aksara Batak Toba

  • Melva Lumban Gaol Magister Teknik Informatika, Universitas Sumatera Utara
  • Kristin L Sitompul
  • Muhammad Zarlis
Keywords: Kecerdasan buatan, Backtracking, Aksara Batak Toba.

Abstract

Game merupakan bagian tak terpisahkan dari keseharian manusia. Game adalah aktifitas yang dapat membawa kesenangan atau hiburan bagi penggunanya. Game sering dipakai dalam kecerdasan buatan. Kecerdasan buatan adalah bagian dari komputer sains yang mempelajari atau merancang sistem komputer yang berintelegensi, yaitu sistem yang memiliki karakteristik berpikir seperti manusia. Algoritma yang digunakan untuk mengimplementasikan kecerdasan buatan begitu banyak. Salah satunya adalajh algoritma Runut Balik (Backtracking). Algoritma Runut Balik (Backtracking) sering digunakan beberapa game populer semisal Sudoku, Labyrinth, Catur, Chess dan lain sebagainya. Adapun game yang menggunakan algoritma ini adalah game pencarian kata dengan aksara batak toba. Algoritma Runut Balik (Backtracking) dalam program ini untuk mengecek kotak jawaban yang telah disediakan. Program akan mengecek apakah terdapat kata layak dalam data base untuk dimasukkan kedalam kotak-katik permainan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-08-03
Abstract viewed = 0 times PDF downloaded = 0 times