Kombinasi Algoritma Kriptografi Transposisi Rail Fence Cipher dan Route Cipher

  • Nardianti Dewi Girsang Universitas Medan Area
  • Heldawaty Siagian Universitas Medan Area
  • M. Hamdani Santoso Universitas Medan Area
  • Agung Wahyudi Universitas Medan Area
  • Bunaya Arthavia Sitorus Universitas Medan Area
Keywords: Kriptografi; Rail Fence Cipher; Route Cipher

Abstract

Kriptografi adalah ilmu yang mempelajari tentang keamanan data. Dimana keamanan data ini memiliki peranan yang sangat penting. Pertukaran data teks secara digital melalui jaringan internet publik telah banyak dilakukan. Seiring meningkatnya perkembangan dunia teknologi, sistem pengamanan yang canggih terhadap suatu data sangat diperlukan. Dalam pertukaran data yang sering terjadi, terdapat berbagai variasi data, mulai dari perbedaan besaran dan jenisnya. Ada data yang bersifat rahasia seperti data pribadi, Negara, maupun Organisasi. Kerahasian tersebut sangat perlu dijaga agar tidak ada orang yang menyalahgunakannya. Pada penelitian ini akan dilakukan Kombinasi Algoritma Kriptografi Transposisi Rail Fence Cipher dan Route Cipher untuk mengetahui seberapa persen tingkat keamanan pesan yang dihasilkan. Kombinasi Rail Fence Cipher dan Route Cipher bekerja dengan cara mengenskripsikan pesan terlebih dahulu dengan Rail Fence Cipher, selanjutnya cipherteks di enkripsi kembali menggunakan Route Cipher. Rail Fence Cipher dan Route Cipher mempunyai sifat penyandian yang lemah jika penerapannya dilakukan secara individu. Hasil Kombinasi Rail Fence cipher dan Route Cipher menghasilkan cipherteks yang lebih rumit dan sulit dipecahkan. Pengujian terhadap 13 karakter plainteks, tingkat kekuatan cipherteks yang dihasilkan mencapai 52%, sedangkan saat pengujian terhadap 23 karakter plainteks, tingkat kekuatan ciphertext mencapai 100%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin panjang karakter yang digunakan untuk mengamankan sebuah informasi, maka semakin tinggi tingkat keamanan data yang dihasilkan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-24
Abstract viewed = 0 times PDF downloaded = 0 times